Kamis, 21 Februari 2013

Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias adalah tumbuhan yang sengaja ditanam oleh manusia dan sengaja dirawat karena ragam bentuk dan warna nya yang berbeda dengan tumbuhan lainnya sehingga tanaman tersebut dapat menjadi sumber pencaharian bagi pemeliharannya dan berkaitan dengan penataan ruang.

Tanaman hias akan mempengaruhi keindahan, penataan tanaman hias memerlukan seni dan kreasi, apabila dipadukan maka akan dapat menghasilkan keindahan yang berdampak kepada kenyamanan dan keserasian serta keasrian. Budidaya tanaman hias ini sangat menjanjikan terutama di kalangan perumahan dan perkotaan. oleh karena itu banyak orang yang membudidayakan nya. dengan bermodalkan keterampilan merawat dan ketekunan dalam menyiram saja.

Disini saya akan membahas kelompok-kelompok budidaya tanaman hias, diantaranya ada 3 jenis, yaitu :
  1. Budidaya tanaman hias untuk penutup tanah beupa sejenis rumput-rumputan.
  2. Budidaya tanaman hias kayu digunakan untuk pelindung dan peneduh.
  3. Budidaya tanaman hias semak yang digunakan sebagai border.

1. Tanaman hias sejenis rumput-rumputan.

    Rumput-rumputan adalah sejenis tanaman penutup tanah yang dapat juga berfungsi sebagai penghias serta pengatur tata ruang serta lingkungan di sekitar rumah ataupun di berbagai tempat.
ada berbagai macam jenis rumput, diantaranya yang terkenal adalah rumput jepang, rumput gajah mini, rumput kucai, rumput peking dan rumput vetiver. Tanaman jenis ini biasanya dibibitkan di dalam polybag atau juga dengan cara dipotong dengan petakan tertentu untuk menanamnya. perawatan tidak cukup rumit, hanya dengan menyiram dan memangkas untuk memperkerdilkan pertumbuhannya.




Contoh Rumput Hias Vetiver



2. Tanaman hias pelindung.

  Tanaman keras untuk pelindung adalah yang dibudidayakan dengan cara menyemai dari biji, dapat dibudidayakan dengan skala banyak, tetapi umurnya lebih lama, bisa sampai tahunan, banyak kota- kota dengan daya terik tinggi menggunakan tanaman ini untuk memperindah tata ruangnya, contoh tanaman ini adalah Glodogan tiang pecut, angsana,beringin, bisbul, kiara payung, asem belanda, jati mas dan lainnya. Tanaman ini juga melalui proses pembibitan dengan polybag, ditanam dengan cara di stek batang. dengan perawatan yang tidak sulit.



Contoh Tanaman Pohon Hias Glodokan Tiang Pecut



3. Tanaman hias semak.

  Tanaman hias semak ini merupakan tumbuhan semak yang sengaja ditanam dan dirawat karena bentuk semak, keunikan dan warnanya menarik Tanaman hias yang tingginya kisaran 25cm sampai 50 cm yang berfungsi untuk border, pagar, dll, jenis jenis tanaman ini ada yang berbunga berwarna warni, ada yang tidak berbunga, contoh tanaman hias jenis semak antara lain teh-tehan, widelia, soka, puring. Ini termasuk tanaman hias yang tumbuh bukan hanya karena ditanam namun juga dapat hidup tumbuh di berbagai tempat , cara penanam dengan cara stek batang dan pembibitan dengan polybag.


Contoh Tanaman Semak Hias Puring



     Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan ke anda semua, semoga anda tertarik untuk membudidayakan tanaman hias ini. semua berawal dari kemauan dan ketekunan hingga sukses kelak akan datang. terimakasih.




 


 





0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites